Latest
Loading...

Travel the world

Climb the mountains

Featured Post

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INGGRIS

Loading... setelah membaca kisi-kisi, silahkan kalian simpulkan dengan mengisi form berikut: Menyimpulkan Kisi-kisi ...

KISI-KISI UJIAN PRAKTIK BAHASA INGGRIS KELAS 9

PANDUAN UJIAN PRAKTIK BERBICARA BAHASA INGGRIS 
SMPN 126 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

A. KOMPETENSI YANG DI UJI
 Dalam ujian praktik ini, kompetensi berbicara yang diujikan adalah kompetensi berdialog dan monolog dengan menggunakan ragam Bahasa lisan yang sudah dipelajari dari kelas 7, 8 dan 9.
 
B. JENIS UJIAN
Dalam ujian kali ini setiap peserta didik diwajibkan membuat dan menyiapkan dua teks yang sudah dihafalkan/disiapkan sebelumnya. Teks-teks tersebut adalah:
1.       Teks prosedur (How to make something/ how to do something)
2.       Teks fungsional (berbagai ragam Bahasa lisan yang sudah dipelajari dari kelas 7,8 dan 9)


C. TEKNIK UJIAN
1.       Setiap peserta didik membuat rekaman dalam bentuk video terkait teks monolognya yang akan dipresentasikan didepan penguji
2.       Setiap pasangan peserta didik membuat rekaman dalam bentuk video terkait teks dialognya yang akan diujikan didepan penguji. (dengan kata lain setiap peserta dan pasangan mengumpulkan rekaman video dalam memory card/ diemail melalui: remedialonline126@gmail.com
3.       Setiap peserta didik menampilkan dan memperaktikan didepan penguji teks monolog (prosedur) yang sudah disiapkannya
4.       Setiap peserta didik menampilkan dan memperaktikan didepan penguji bersama pasangannya dengan dialog yang sudah dihafal dan dipahaminya


D. BENTUK UJIAN
1.       Kompetensi monolog (Teks Prosedur)
Kompetensi monolog adalah setiap peserta didik diharuskan memberikan kemampuannya dalam mempraktikan teks prosedur how to make something/ how to do something yang disampaikan didepan penguji

2.       Kompetensi dialog (teks Fungsional)
                  Kompetensi dialog adalah setiap peserta diberi kesempatan untuk berbicara/berdialog dengan pasangan yang dipilihnya dengan membicarakan berbagai tema percakapan yang sudah dipilih dari berbagai pilihan ragam Bahasa yang sudah dipelajari dari kelas 7, 8 dan kelas 9

E. PROSEDUR UJIAN
1.       Peserta didik sudah memiliki bahan yang akan disampaikan pada saat ujian praktik, baik itu teks monolog maupun teks dialog
2.       Peserta didik sudah memiliki pasangan untuk diajak mempraktikkan dialognya
3.       Setiap peserta didik membuat nomor ujiannya sendiri sesuai dengan nomor urut dikelas, contoh: 001,002 dan seterusnya
4.       Peserta didik menjaga ketertiban kelas dengan penuh tanggung jawab pada saat pelaksanaan hingga selesai ujian praktik.


F. JENIS TEKS YANG DIUJIKAN
1.       (monolog) Teks prosedur (how to do something/ how to make something)
 Contoh Teks prosedur:
How to make a delicious Instant noodle
Hi class, my name is Annastasia
 I would you to let you know how to make a delicious instant noodle
before we make it, first we have to prepare:
1.  a pack of instant noodle
2. cabbage
3. an egg
4. chilli
Now, let start it: 
first,  boil the water and put in the noodle into it, wait for about three minutes
next, drain the noodle until no water on it and put in to the bowl
next, separately boil the egg and cabbage, while waiting for the egg and cabbage cooked 
add  some chilies into the noodle, add the seasonings and then stir them until mix
 after that garnish it with the boiled egg and cabbage into the bowl
finally, the delicious Instant noodle is ready to be served!
 
2.       (dialog) Teks fungsional sebagai berikut: (pilih salah satu)
a.       Menyapa orang yang belum/ sudah dikenal
b.       Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
c.       Meminta dan memberi informasi
d.       Mengucapkan terima kasih, meminta maaf dengan kesantunan
e.       Meminta dan memberi jasa/barang
f.        Meminta dan memberi fakta
g.       Meminta memberi pendapat dan suka tidak suka
h.       Mengundang, menerima dan menolak ajakan/ undangan
i.        Mengundang, menerima dan menolak ajakan
j.        Mengawali,memperpanjang dan menutup percakapan
k.       Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan dalam telepon
l.        Meminta pengulangan, menunjukan perhatian


G.ASPEK PENILAIAN

ASPEK
SKOR
KETERANGAN
LAFAL (Pronunciation)
4
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
3
Mudah dipahami meskipun pengaruh Bahasa ibu dapat dideteksi
2
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
1
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak dapat dipahami
TATA BAHASA
(Grammatical)
4
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata Bahasa
3
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
2
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
1
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
KOSAKATA
(Vocabulary)
4
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
3
Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus mengulang lagi
2
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
1
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak dapat dilakukan
KELANCARAN
Fluency
4
Sangat lancar
3
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
2
Sering ragu-ragu dan berhenti karena keterbatasan bahasa
1
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak terjadi

H. BEBERAPA CONTOH VIDEO YANG DIUJIKAN UNTUK DIALOG

     1. Meminta Pendapat dan suka tidak suka
      
 2. Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan dalam telepon
    

4 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.