PANDUAN UJIAN PRAKTIK BERBICARA BAHASA INGGRIS
SMPN 126 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
A. KOMPETENSI YANG DI UJI
Dalam
ujian praktik ini, kompetensi berbicara yang diujikan adalah kompetensi
berdialog dan monolog dengan menggunakan ragam Bahasa lisan yang sudah
dipelajari dari kelas 7, 8 dan 9.
B. JENIS UJIAN
Dalam
ujian kali ini setiap peserta didik diwajibkan membuat dan menyiapkan dua teks
yang sudah dihafalkan/disiapkan sebelumnya. Teks-teks tersebut adalah:
1.
Teks
prosedur (How to make something/ how to
do something)
2.
Teks
fungsional (berbagai ragam Bahasa lisan yang sudah dipelajari dari kelas 7,8
dan 9)
C. TEKNIK UJIAN
1.
Setiap
peserta didik membuat rekaman dalam bentuk video terkait teks monolognya yang
akan dipresentasikan didepan penguji
2.
Setiap
pasangan peserta didik membuat rekaman dalam bentuk video terkait teks
dialognya yang akan diujikan didepan penguji. (dengan kata lain setiap peserta
dan pasangan mengumpulkan rekaman video dalam memory card/ diemail melalui: remedialonline126@gmail.com
3.
Setiap
peserta didik menampilkan dan memperaktikan didepan penguji teks monolog
(prosedur) yang sudah disiapkannya
4.
Setiap
peserta didik menampilkan dan memperaktikan didepan penguji bersama pasangannya
dengan dialog yang sudah dihafal dan dipahaminya
D. BENTUK UJIAN
1.
Kompetensi
monolog (Teks Prosedur)
Kompetensi
monolog adalah setiap peserta didik diharuskan memberikan kemampuannya dalam
mempraktikan teks prosedur how to make
something/ how to do something yang disampaikan didepan penguji
2.
Kompetensi
dialog (teks Fungsional)
Kompetensi dialog adalah setiap peserta diberi kesempatan untuk
berbicara/berdialog dengan pasangan yang dipilihnya dengan membicarakan
berbagai tema percakapan yang sudah dipilih dari berbagai pilihan ragam Bahasa
yang sudah dipelajari dari kelas 7, 8 dan kelas 9
E. PROSEDUR UJIAN
1.
Peserta
didik sudah memiliki bahan yang akan disampaikan pada saat ujian praktik, baik
itu teks monolog maupun teks dialog
2.
Peserta
didik sudah memiliki pasangan untuk diajak mempraktikkan dialognya
3.
Setiap
peserta didik membuat nomor ujiannya sendiri sesuai dengan nomor urut dikelas,
contoh: 001,002 dan seterusnya
4.
Peserta
didik menjaga ketertiban kelas dengan penuh tanggung jawab pada saat
pelaksanaan hingga selesai ujian praktik.
F. JENIS TEKS YANG DIUJIKAN
1.
(monolog)
Teks prosedur (how to do something/ how to make something)
Contoh Teks prosedur:
How to make a delicious Instant noodle
Hi class, my name is Annastasia
I would you to let you know how to make a delicious instant noodle
before we make it, first we have to prepare:
1. a pack of instant noodle
2. cabbage
3. an egg
4. chilli
Now, let start it:
first, boil the water and put in the noodle into it, wait for about three minutes
next, drain the noodle until no water on it and put in to the bowl
next, separately boil the egg and cabbage, while waiting for the egg and cabbage cooked
add some chilies into the noodle, add the seasonings and then stir them until mix
after that garnish it with the boiled egg and cabbage into the bowl
finally, the delicious Instant noodle is ready to be served!
Contoh Teks prosedur:
How to make a delicious Instant noodle
Hi class, my name is Annastasia
I would you to let you know how to make a delicious instant noodle
before we make it, first we have to prepare:
1. a pack of instant noodle
2. cabbage
3. an egg
4. chilli
Now, let start it:
first, boil the water and put in the noodle into it, wait for about three minutes
next, drain the noodle until no water on it and put in to the bowl
next, separately boil the egg and cabbage, while waiting for the egg and cabbage cooked
add some chilies into the noodle, add the seasonings and then stir them until mix
after that garnish it with the boiled egg and cabbage into the bowl
finally, the delicious Instant noodle is ready to be served!
2.
(dialog)
Teks fungsional sebagai berikut: (pilih salah satu)
a.
Menyapa
orang yang belum/ sudah dikenal
b.
Memperkenalkan
diri sendiri dan orang lain
c.
Meminta
dan memberi informasi
d.
Mengucapkan
terima kasih, meminta maaf dengan kesantunan
e.
Meminta
dan memberi jasa/barang
f.
Meminta
dan memberi fakta
g.
Meminta
memberi pendapat dan suka tidak suka
h.
Mengundang,
menerima dan menolak ajakan/ undangan
i.
Mengundang,
menerima dan menolak ajakan
j.
Mengawali,memperpanjang
dan menutup percakapan
k.
Mengawali,
memperpanjang dan menutup percakapan dalam telepon
l.
Meminta
pengulangan, menunjukan perhatian
G.ASPEK PENILAIAN
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
LAFAL
(Pronunciation)
|
4
|
Sangat
jelas sehingga mudah dipahami
|
3
|
Mudah
dipahami meskipun pengaruh Bahasa ibu dapat dideteksi
|
|
2
|
Ada
masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
|
|
1
|
Ada
masalah pengucapan yang serius sehingga tidak dapat dipahami
|
|
TATA
BAHASA
(Grammatical)
|
4
|
Tidak
ada atau sedikit kesalahan tata Bahasa
|
3
|
Kadang-kadang
ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
|
|
2
|
Sering
membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
|
|
1
|
Kesalahan
tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
|
KOSAKATA
(Vocabulary)
|
4
|
Menggunakan
kosakata dan ungkapan yang tepat
|
3
|
Kadang-kadang
menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus mengulang lagi
|
|
2
|
Sering
menggunakan kosakata yang tidak tepat
|
|
1
|
Kosakata
sangat terbatas sehingga percakapan tidak dapat dilakukan
|
|
KELANCARAN
Fluency
|
4
|
Sangat
lancar
|
3
|
Kelancaran
sedikit terganggu oleh masalah bahasa
|
|
2
|
Sering
ragu-ragu dan berhenti karena keterbatasan bahasa
|
|
1
|
Bicara
terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak terjadi
|
H. BEBERAPA CONTOH VIDEO YANG DIUJIKAN UNTUK DIALOG
1. Meminta Pendapat dan suka tidak suka
2. Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan dalam telepon
mohon izin copy kisi-kisinya, Sir.
ReplyDeletethanks a lot....
i like it
ReplyDeleteGREAT!!!!
ReplyDeleteIzin copy sir.
ReplyDeleteThank you